Mengenal Komponen Sepeda
Selamat Pagi Para Goweser... semoga hari ini kita
diberikan Kesehatan oleh Allah SWT...
Salam 2 Pedal....
Bagi para goweser yang sudah expert mungkin sudah
ngelotok (paham banget) tentang macam2 komponen sepeda, tapi bagi goweser
pemula pasti bingung dengan nama2 komponen sepeda karena kebanyakan namanya
menggunakan bahasa inggris.
Berikut kami akan berikan ulasan tentan macam2 komponen
sepeda beserta fungsinya
Frame atau Rangka Sepeda
Pada umumnya frame sepeda atau rangka
sepeda mempunyai bentuk segitiga pada sisi-sisinya. Rangka sepeda ini terbuat
dari berbagai macam jenis bahan misalnya chromoly, Hi-ten, Carbon Fiber, Alloy
atau Alumunium, Titanium. Bahan rangka sepeda yang paling ringan terbuat dari
carbon fiber. Bahan yang paling berat terbuat dari Hi-ten. Bahan yang paling
mahal terbuat dari Titanium. Jika Anda ingin memiliki sepeda dengan bahan yang
ringan, kuat, dan harga terjangkau sebaiknya gunakan frame yang terbuat dari
bahan chromoly. Setiap bagian sisi frame atau rangka sepeda mempunyai
penamaannya tersendiri diantaranya:
- Top Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda yang
mendatar horizontal di bagian paling atas,
Tips: Sesuaikan ukuran frame dengan
tubuh anda
- Down Tube
Merupakan bagian
dari frame sepeda, melitang dari HeadSet terhubung langsung dengan top Tube
Seat, Stay dan Rumah BB (buttom Bracket)
- Seat Tube
Merupakan bagian
frame sepeda yang berada di bawah sadel sepeda.
- Head Tube
Merupakan bagian frame sepeda yang berada di bawah stang
sepeda.
- Chain stay
Merupakan bagian frame yang berada di sisi rantai sepeda.
- Seat stay
Merupakan
bagian belakang frame. Untuk MTB dual suspension Seat Stay biasanya berupa
swingarms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan suspensi belakang.
Bagian Steering
Bagian steering adalah bagian sepeda yang
berfungsi untuk mengendalikan arah sepeda sehingga dapat berbelok komponen
steering antara lain:
- Handlebar
Lebih dikenal
dengan stang kemudi, pada MTB ada beberapa jenis Monkey bar, Rise bar dan
Standart bar. Handle bar adalah kokpit sepeda kita, kontrol gigi transmisi, rem
depan-belakang terdapat di handlebar ini. Pilihlah handle bar yang sesuai dengan kebutuhan anda.
- Stem
Merupakan bagian
kokpit sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan handle bar – Headset dan
Fork(suspensi) depan. Stem tersedia dalam beberapa ukuran untuk suspensi depan
yang panjang (long travel) bentuk stem berbeda dengan stem standart, Tips: jika
anda merasa stem anda terlalu panjang dan kita bersepeda terasa membungkuk anda
bisa menggantinya dengan ukuran stem yang pendek.
- Headset
Bagian depan Frame yang didalamnya
terdapat bearing dan komponen lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan
Fork(suspensi) depan dengan stem dan handlebar.
- Shifter
Grupsets
(komponen) pemindah gigi tranmisi, berfungsi untuk menggerakan FD (front
derailleur) dan RD (rear derailleur), Shifter yang beredar dipasaran untuk
penggerak RD mencapai 9 – 10 speed, untuk Shifter FD biasanya hanya terdiri 2 –
3 speed.
- Hand Grip
Adalah pembungkus
Handlebar (stang kemudi) berbahan karet/tape tergantung kebutuhan. Usahakan
Handgrip tidak berputar pada handlebar saat kita berkendara, handgrip yang
terlalu tebal atau terlalu tipis mengurangi kenyamanan kita dalam bersepeda.
- Fork
Garpu depan
dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi Angin, Oli dan Per. Dibagi dengan
Front Suspension (garpu depan pegas) dan Rear Suspension (pegas suspensi
bagian belakang)
Ukuran panjang Fork atau garpu sepeda dibagi dalam beberapa kategori dan panjang. Dari 100mm, 120mm, 140mm, 160mm. Diatas 160mm mengunakan Double Crown untuk sepeda Downhill. Tiang fork terus naik sampai atas frame dan di jepit dengan 2 sisi.pada rangka sepeda.
Ukuran panjang Fork atau garpu sepeda dibagi dalam beberapa kategori dan panjang. Dari 100mm, 120mm, 140mm, 160mm. Diatas 160mm mengunakan Double Crown untuk sepeda Downhill. Tiang fork terus naik sampai atas frame dan di jepit dengan 2 sisi.pada rangka sepeda.
Bagian Drivetrain
Bagian drivetrain adalah bagian-bagian
sepeda yang berfungsi sebagai system penggerak sepeda. Bagian drivetrain ini
antara lain:
- Pedals
Pedals Merupakan komponen memutar Buttom Bracket dan Crankset sehingga
sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).
- Crankset
Komponen lengan
yang menghubungkan pedals dengan chainrings.
- Chain Ring
Merupakan komponen
tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3 Chain Rings). Berfungsi
menghubungkan rantai dengan Crankset.
- Sprocket / Cassette
Merupakan Gigi belakang sepeda, Dibuat berbeda beda
antara 7-8 speed. 9 speed, 10 speed
dan terakhir 11 speed. Jumlah speed adalah jumlah ring gigi yang ada.
- Front Derailleur (FD)
Merupakan komponen
vital pada sepeda MTB, berfungsi mengatur pemindahan gigi depan (chain rings).
Lebih dikenal dengan istilah FD, terhubung langsung dengan Shifter.
- Rear Derailleur (RD)
Merupakan komponen vital pada sepeda MTB, berfungsi
mengatur pemindahan gigi belakang. Lebih dikenal dengan istilah FD,
terhubung langsung dengan Shifter.
- Bottom Bracket
Silinder untuk
penahan gigi depan (crank). Jenis bearing pada sepeda baru. Sepeda lama hanya
mengunakan ball bearing yang menyatu dengan crank. Bottom Bracket berada di bagian bawah sebagai tempat memasang gir
depan dan pedal.
- Chain
Rantai. Merupakan
komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang bertugas menghubungkan
Crankset Chain Ring dengan komponen Roda belakang, sehingga sepeda dapat
melaju.
Wheelset atau Roda Sepeda
Roda sepeda yang terdiri atas rim,
ban, spokes (ruji-ruji), hub disebut sebagai wheelset. Berikut penjelasan detailnya :
- Hub
Hub adalah bagian
sepeda yang berada di tengah roda. Mekanik bengkel sepeda biasanya menyebutnya
sebagai “as roda”. Bagian depan disebut front hub dan bagian belakang disebut
free hub. Komponen didalamnya terdapat bearing
(gotri).
- Rim
Rim adalah ring
bagian roda yang menahan ban. Merupakan komponen Wheelset (roda) lebih di
kenal dengan Velg (pelek) sepeda.
- Tire
Ban. Terbuat dari karet, Tips:sesuaikan jenis dan ukuran
ban dengan kebutuhan anda. Ukuran
ban untuk jenis aspal (road) biasanya tapak kecil dan motif standart. Untuk ada
yang menggemari offroad atau bahkan downhill pilihlah jenis ban dengan tapak
lebar dan motif khusus full offroad.
- Spokes
Spokes adalah Jari-jari Roda, menghubungkan Hub
dengan Rims (pelak).
Saddle atau Sadel Sepeda
- Saddle
Sadel. tempat
duduk pengemudi, untuk sepeda MTB biasanya berukuran lebih tebal dibandingkan
dengan roadbike. Atur posisi Sadel supaya benar-benar lurus (horizontal), atur
maju dan mundurnya sandel usahakan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan
hadle bar.
Tips:Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
Tips:Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
- SeatPost
Dudukan Sadel (sadle) penghubung antara sadel dengan
frame sepeda, posisi vertikal sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips:cobalah
naik sepeda pada posisi berhenti, luruskan kaki anda hingga benar2 meraih
pedal. Jika posisi kaki masih terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal
posisi pedal sudah dibawah hal ini pertanda bahwa seatpost anda kurang tinggi. Aturlah seatpost hingga benar-benar
sesuai dengan kebutuhan anda.
- Seat Clamp
Seat Clamp adalah bagian sepeda yang digunakan untuk mengunci dan mengatur
tinggi seat post.
Brake System atau Sistem Rem Sepeda
- Brake Lever
Brake Lever adalah Tuas Rem (depan-belakang) posisikan Brake Lever dengan benar sesuaikan dengan kenyamaan anda ketika bersepeda,
usahakan jari tangan dapat meraih dengan mudah lever (tuas).
- Brake Shoe
Brake Shoe adalah karet rem sepeda.
- Cantilever
Cantilever adalah adalah bagian rem sepeda yang
menggantung di samping kanan dan kiri velg sepeda. Cantilever ini ada yang
berbentuk V-brake dan U-brake.
- Disc brake
Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan
wheelset baik depan atau belakang. Untuk jenis V-brake komponen ini tidak ada.
- Master Disc brake
Merupakan komponen Brake (rem), merupakan rumah bagi
kampas rem. Komponen ini berfungsi untuk menjepit dishbrake ketika kita
melakukan pengereman.
Untuk jenis Brake konvensional (V-brake) komponen ini tidak ada fungsinya digantikan oleh brakepad.Disc brake adalah rem cakram sepeda.
Untuk jenis Brake konvensional (V-brake) komponen ini tidak ada fungsinya digantikan oleh brakepad.Disc brake adalah rem cakram sepeda.
Sampai disini dulu bahasan Mengenal Komponen Sepeda, semoga bermanfaat
Happy Cycling....
Cara Membersihkan Sepeda
Assalamu alaikum...
Salam 2 Pedal,
Apa kabar semuanya........ Semoga Para pembaca selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT
Untuk artikel kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara membersihkan Sepeda kesayangan kita.
Menurut saran para ahli, sepeda perlu dicuci dan rantainya perlu dilumasi setiap kali selesai digunakan. Jujur saja, berapa banyak di antara kita yang memiliki waktu untuk melakukan hal ini? Setelah bersepeda berjam-jam, Anda pasti lelah dan enggan langsung membersihkan sepeda. Selain itu, kebanyakan di antara kita beranggapan bahwa sepeda memang sewajarnya agak kotor. Namun, lumpur pada bodi dan rantai sepeda bisa berujung pada masalah yang lebih serius dan bahkan kerusakan parah. Membersihkan sepeda tidak perlu dibuat rumit dan juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu.
Jangan terlalu serius liat gambarnya, karena yang harus dibaca serius adalah tips dibawah ini ya....
Membersihkan Frame / Rangka
Membersihkan Frame sepeda bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Anda bahkan tidak membutuhkan produk khusus! Cukup siapkan ember berisi air hangat yang dicampur sabun cuci piring cair. Untuk airnya, semakin panas semakin baik, jadi jangan lupa mengenakan sarung tangan karet guna melindungi tangan Anda. Sedangkan untuk pilihan sabun cuci piring, semakin banyak buih semakin baik, jadi aduk campurannya secara merata. Pakai kain lap untuk mengelap seluruh bagian kerangka sepeda. Air panas ampuh membersihkan bagian-bagian yang berminyak, sedangkan sabun mampu menghancurkan lumpur dan kotoran sehingga membuatnya lebih mudah diseka.
Membersihkan Rantai
Rantai sepeda memang agak sulit dirawat karena membutuhkan pelumas dan cairan pembersih rantai sepeda. Kedua perlengkapan ini wajib dimiliki untuk menjaga agar rantai sepeda Anda tidak mudah macet. Berikut ini panduan membersihkan rantai sepeda agar dapat berfungsi baik:
Selain rantai sepeda, kabel sepeda juga perlu dibersihkan dari sisa-sisa pelumas yang sudah bercampur debu dan diberi pelumas segar. Sama seperti pada rantai, semprot kabel sepeda, sikat seperlunya dengan campuran air sabun, oleskan cairan penghilang pelumas, lalu tetesi dengan pelumas baru. Metode terbaik adalah dengan memijat dan mendiamkan kabelnya selama beberapa saat supaya pelumas dapat terserap.
Demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membersihkan sepeda kita agar usianya tahan lama serta tidak gampang rusak.
Jangan malas untuk merawat sepeda kesayangan anda
Salam Sakadaek.....
Salam 2 Pedal,
Apa kabar semuanya........ Semoga Para pembaca selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT
Untuk artikel kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara membersihkan Sepeda kesayangan kita.
Menurut saran para ahli, sepeda perlu dicuci dan rantainya perlu dilumasi setiap kali selesai digunakan. Jujur saja, berapa banyak di antara kita yang memiliki waktu untuk melakukan hal ini? Setelah bersepeda berjam-jam, Anda pasti lelah dan enggan langsung membersihkan sepeda. Selain itu, kebanyakan di antara kita beranggapan bahwa sepeda memang sewajarnya agak kotor. Namun, lumpur pada bodi dan rantai sepeda bisa berujung pada masalah yang lebih serius dan bahkan kerusakan parah. Membersihkan sepeda tidak perlu dibuat rumit dan juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu.
![]() |
Membersihkan Frame / Rangka
Membersihkan Frame sepeda bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Anda bahkan tidak membutuhkan produk khusus! Cukup siapkan ember berisi air hangat yang dicampur sabun cuci piring cair. Untuk airnya, semakin panas semakin baik, jadi jangan lupa mengenakan sarung tangan karet guna melindungi tangan Anda. Sedangkan untuk pilihan sabun cuci piring, semakin banyak buih semakin baik, jadi aduk campurannya secara merata. Pakai kain lap untuk mengelap seluruh bagian kerangka sepeda. Air panas ampuh membersihkan bagian-bagian yang berminyak, sedangkan sabun mampu menghancurkan lumpur dan kotoran sehingga membuatnya lebih mudah diseka.
Membersihkan Rantai
Rantai sepeda memang agak sulit dirawat karena membutuhkan pelumas dan cairan pembersih rantai sepeda. Kedua perlengkapan ini wajib dimiliki untuk menjaga agar rantai sepeda Anda tidak mudah macet. Berikut ini panduan membersihkan rantai sepeda agar dapat berfungsi baik:
- Semprot rantai sepeda dengan air guna melepaskan kotoran, lumpur, dan debu yang menempel. Jangan gunakan selang air bertekanan terlalu tinggi agar tidak melepas komponen-komponen lain.
- Setel rantai sepeda bagian depan ke gigi tertinggi dan bagian belakang ke gigi terendah sehingga Anda lebih leluasa membersihkannya.
- Gunakan air panas untuk menggosok rantainya dengan bantuan sikat berbulu agak kaku—sikat gigi yang bulunya masih tegak dapat dipakai. Pastikan Anda membersihkan seluruh kaitan rantai.
- Oleskan atau semprotkan cairan pembersih rantai sepeda hingga mengenai seluruh kaitannya. Cairan ini akan menghilangkan sisa-sisa pelumas kotor yang tidak bisa dihilangkan campuran air sabun.
- Setelah rantai bersih dan kering, oleskan pelumas agar rantai dapat berputar lancar. Rantai sepeda yang kekurangan pelumas akan mudah berkarat. Sebaliknya, rantai yang kelebihan pelumas akan lebih mudah menarik kotoran. Oleh karena itu, baca dan ikuti rekomendasi takaran pada kemasan produk.
Selain rantai sepeda, kabel sepeda juga perlu dibersihkan dari sisa-sisa pelumas yang sudah bercampur debu dan diberi pelumas segar. Sama seperti pada rantai, semprot kabel sepeda, sikat seperlunya dengan campuran air sabun, oleskan cairan penghilang pelumas, lalu tetesi dengan pelumas baru. Metode terbaik adalah dengan memijat dan mendiamkan kabelnya selama beberapa saat supaya pelumas dapat terserap.
Demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membersihkan sepeda kita agar usianya tahan lama serta tidak gampang rusak.
Jangan malas untuk merawat sepeda kesayangan anda
Salam Sakadaek.....



