Kamis, 18 Mei 2017
Selamat Pagi Para Goweser... semoga hari ini kita
diberikan Kesehatan oleh Allah SWT...
Salam 2 Pedal....
Bagi para goweser yang sudah expert mungkin sudah
ngelotok (paham banget) tentang macam2 komponen sepeda, tapi bagi goweser
pemula pasti bingung dengan nama2 komponen sepeda karena kebanyakan namanya
menggunakan bahasa inggris.
Berikut kami akan berikan ulasan tentan macam2 komponen
sepeda beserta fungsinya
Frame atau Rangka Sepeda
Pada umumnya frame sepeda atau rangka
sepeda mempunyai bentuk segitiga pada sisi-sisinya. Rangka sepeda ini terbuat
dari berbagai macam jenis bahan misalnya chromoly, Hi-ten, Carbon Fiber, Alloy
atau Alumunium, Titanium. Bahan rangka sepeda yang paling ringan terbuat dari
carbon fiber. Bahan yang paling berat terbuat dari Hi-ten. Bahan yang paling
mahal terbuat dari Titanium. Jika Anda ingin memiliki sepeda dengan bahan yang
ringan, kuat, dan harga terjangkau sebaiknya gunakan frame yang terbuat dari
bahan chromoly. Setiap bagian sisi frame atau rangka sepeda mempunyai
penamaannya tersendiri diantaranya:
- Top Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda yang
mendatar horizontal di bagian paling atas,
Tips: Sesuaikan ukuran frame dengan
tubuh anda
- Down Tube
Merupakan bagian
dari frame sepeda, melitang dari HeadSet terhubung langsung dengan top Tube
Seat, Stay dan Rumah BB (buttom Bracket)
- Seat Tube
Merupakan bagian
frame sepeda yang berada di bawah sadel sepeda.
- Head Tube
Merupakan bagian frame sepeda yang berada di bawah stang
sepeda.
- Chain stay
Merupakan bagian frame yang berada di sisi rantai sepeda.
- Seat stay
Merupakan
bagian belakang frame. Untuk MTB dual suspension Seat Stay biasanya berupa
swingarms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan suspensi belakang.
Bagian Steering
Bagian steering adalah bagian sepeda yang
berfungsi untuk mengendalikan arah sepeda sehingga dapat berbelok komponen
steering antara lain:
- Handlebar
Lebih dikenal
dengan stang kemudi, pada MTB ada beberapa jenis Monkey bar, Rise bar dan
Standart bar. Handle bar adalah kokpit sepeda kita, kontrol gigi transmisi, rem
depan-belakang terdapat di handlebar ini. Pilihlah handle bar yang sesuai dengan kebutuhan anda.
- Stem
Merupakan bagian
kokpit sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan handle bar – Headset dan
Fork(suspensi) depan. Stem tersedia dalam beberapa ukuran untuk suspensi depan
yang panjang (long travel) bentuk stem berbeda dengan stem standart, Tips: jika
anda merasa stem anda terlalu panjang dan kita bersepeda terasa membungkuk anda
bisa menggantinya dengan ukuran stem yang pendek.
- Headset
Bagian depan Frame yang didalamnya
terdapat bearing dan komponen lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan
Fork(suspensi) depan dengan stem dan handlebar.
- Shifter
Grupsets
(komponen) pemindah gigi tranmisi, berfungsi untuk menggerakan FD (front
derailleur) dan RD (rear derailleur), Shifter yang beredar dipasaran untuk
penggerak RD mencapai 9 – 10 speed, untuk Shifter FD biasanya hanya terdiri 2 –
3 speed.
- Hand Grip
Adalah pembungkus
Handlebar (stang kemudi) berbahan karet/tape tergantung kebutuhan. Usahakan
Handgrip tidak berputar pada handlebar saat kita berkendara, handgrip yang
terlalu tebal atau terlalu tipis mengurangi kenyamanan kita dalam bersepeda.
- Fork
Garpu depan
dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi Angin, Oli dan Per. Dibagi dengan
Front Suspension (garpu depan pegas) dan Rear Suspension (pegas suspensi
bagian belakang)
Ukuran panjang Fork atau garpu sepeda dibagi dalam beberapa kategori dan panjang. Dari 100mm, 120mm, 140mm, 160mm. Diatas 160mm mengunakan Double Crown untuk sepeda Downhill. Tiang fork terus naik sampai atas frame dan di jepit dengan 2 sisi.pada rangka sepeda.
Ukuran panjang Fork atau garpu sepeda dibagi dalam beberapa kategori dan panjang. Dari 100mm, 120mm, 140mm, 160mm. Diatas 160mm mengunakan Double Crown untuk sepeda Downhill. Tiang fork terus naik sampai atas frame dan di jepit dengan 2 sisi.pada rangka sepeda.
Bagian Drivetrain
Bagian drivetrain adalah bagian-bagian
sepeda yang berfungsi sebagai system penggerak sepeda. Bagian drivetrain ini
antara lain:
- Pedals
Pedals Merupakan komponen memutar Buttom Bracket dan Crankset sehingga
sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).
- Crankset
Komponen lengan
yang menghubungkan pedals dengan chainrings.
- Chain Ring
Merupakan komponen
tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3 Chain Rings). Berfungsi
menghubungkan rantai dengan Crankset.
- Sprocket / Cassette
Merupakan Gigi belakang sepeda, Dibuat berbeda beda
antara 7-8 speed. 9 speed, 10 speed
dan terakhir 11 speed. Jumlah speed adalah jumlah ring gigi yang ada.
- Front Derailleur (FD)
Merupakan komponen
vital pada sepeda MTB, berfungsi mengatur pemindahan gigi depan (chain rings).
Lebih dikenal dengan istilah FD, terhubung langsung dengan Shifter.
- Rear Derailleur (RD)
Merupakan komponen vital pada sepeda MTB, berfungsi
mengatur pemindahan gigi belakang. Lebih dikenal dengan istilah FD,
terhubung langsung dengan Shifter.
- Bottom Bracket
Silinder untuk
penahan gigi depan (crank). Jenis bearing pada sepeda baru. Sepeda lama hanya
mengunakan ball bearing yang menyatu dengan crank. Bottom Bracket berada di bagian bawah sebagai tempat memasang gir
depan dan pedal.
- Chain
Rantai. Merupakan
komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang bertugas menghubungkan
Crankset Chain Ring dengan komponen Roda belakang, sehingga sepeda dapat
melaju.
Wheelset atau Roda Sepeda
Roda sepeda yang terdiri atas rim,
ban, spokes (ruji-ruji), hub disebut sebagai wheelset. Berikut penjelasan detailnya :
- Hub
Hub adalah bagian
sepeda yang berada di tengah roda. Mekanik bengkel sepeda biasanya menyebutnya
sebagai “as roda”. Bagian depan disebut front hub dan bagian belakang disebut
free hub. Komponen didalamnya terdapat bearing
(gotri).
- Rim
Rim adalah ring
bagian roda yang menahan ban. Merupakan komponen Wheelset (roda) lebih di
kenal dengan Velg (pelek) sepeda.
- Tire
Ban. Terbuat dari karet, Tips:sesuaikan jenis dan ukuran
ban dengan kebutuhan anda. Ukuran
ban untuk jenis aspal (road) biasanya tapak kecil dan motif standart. Untuk ada
yang menggemari offroad atau bahkan downhill pilihlah jenis ban dengan tapak
lebar dan motif khusus full offroad.
- Spokes
Spokes adalah Jari-jari Roda, menghubungkan Hub
dengan Rims (pelak).
Saddle atau Sadel Sepeda
- Saddle
Sadel. tempat
duduk pengemudi, untuk sepeda MTB biasanya berukuran lebih tebal dibandingkan
dengan roadbike. Atur posisi Sadel supaya benar-benar lurus (horizontal), atur
maju dan mundurnya sandel usahakan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan
hadle bar.
Tips:Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
Tips:Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
- SeatPost
Dudukan Sadel (sadle) penghubung antara sadel dengan
frame sepeda, posisi vertikal sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips:cobalah
naik sepeda pada posisi berhenti, luruskan kaki anda hingga benar2 meraih
pedal. Jika posisi kaki masih terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal
posisi pedal sudah dibawah hal ini pertanda bahwa seatpost anda kurang tinggi. Aturlah seatpost hingga benar-benar
sesuai dengan kebutuhan anda.
- Seat Clamp
Seat Clamp adalah bagian sepeda yang digunakan untuk mengunci dan mengatur
tinggi seat post.
Brake System atau Sistem Rem Sepeda
- Brake Lever
Brake Lever adalah Tuas Rem (depan-belakang) posisikan Brake Lever dengan benar sesuaikan dengan kenyamaan anda ketika bersepeda,
usahakan jari tangan dapat meraih dengan mudah lever (tuas).
- Brake Shoe
Brake Shoe adalah karet rem sepeda.
- Cantilever
Cantilever adalah adalah bagian rem sepeda yang
menggantung di samping kanan dan kiri velg sepeda. Cantilever ini ada yang
berbentuk V-brake dan U-brake.
- Disc brake
Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan
wheelset baik depan atau belakang. Untuk jenis V-brake komponen ini tidak ada.
- Master Disc brake
Merupakan komponen Brake (rem), merupakan rumah bagi
kampas rem. Komponen ini berfungsi untuk menjepit dishbrake ketika kita
melakukan pengereman.
Untuk jenis Brake konvensional (V-brake) komponen ini tidak ada fungsinya digantikan oleh brakepad.Disc brake adalah rem cakram sepeda.
Untuk jenis Brake konvensional (V-brake) komponen ini tidak ada fungsinya digantikan oleh brakepad.Disc brake adalah rem cakram sepeda.
Sampai disini dulu bahasan Mengenal Komponen Sepeda, semoga bermanfaat
Happy Cycling....
Biar pada tau istilah dlm dunia sepeda terutama aceng dan achuy
BalasHapusBiar pada tau istilah dlm dunia sepeda terutama aceng dan achuy
BalasHapusTerima kasih info nya sangat bermanfaat
BalasHapussangat bermanfaat untuk kami sebagai pecinta sepeda
BalasHapusTerima kasih sangat bermanfaat
BalasHapus