Senin, 24 Juli 2017

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Salam 2 Pedal

Untuk kali ini kita akan mengupas tuntas tentang Gowes Sakadaek Club (GSC). Mulai dari awal berdirinya, arti dari nama sakadaek sampai diresmikan menjadi Gowes Sakadaek Club.

Agak bingung juga mau mulai dari mana, karena meskipun baru sekitar 2 tahunan tapi begitu banyak cerita dan pengalaman menarik yang telah dilalui bersama GSC.

Awal Berdirinya GSC

GSC digagas oleh Om Syam & Om Aep sekitar 3 tahun yang lalu. Bisa dibilang mereka inilah sang "founding fathers" Gowes Sakadaek Club. Karena hanya berdua, jadwal gowesnya pun masih semaunya, asal waktunya pas dan keduanya bisa ya berangkat...

Sang founding fathers GSC
Lebih dari 3 bulan hanya gowes berdua, mereka pun mulai mencari teman yang punya sepeda untuk gabung. Tetapi ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk dapat teman yang sudah punya sepeda, apalagi disuruh beli baru itu sulit. Mulai dari harga sepeda yang katanya mahal lah, ini lah, itu lah.... dan dengan alasan yang lainnya. Dan kebetulan saat itu memang didaerah kami belum terlalu familiar juga dengan olahraga sepeda MTB ini.

Tak mau menyerah sama keadaan, dan dengan misi "Memasyarakatkan Gowes serta Menggoweskan Masyarakat" di daerah kami, mereka pun terus mencari bahkan membujuk teman serta kerabat agar mau beli sepeda. Kalau istilah GSC  kami sebut "Ngeracun" (red. membujuk/ngerayu). 

Zaman sekarang, media sosial merupakan sarana yang paling tepat dan cepat untuk mempromosikan sesuatu. Dan mereka pun mulai meyebar virus Gowes dengan cara memposting foto2 saat sedang gowes di media sosial mereka.

Booomm.... tak lama kemudian, promosi kami membuahkan hasil. Akibat postingan dan sering pasang DP foto2 lagi gowes, ada teman yang berminat untuk gabung yaitu Om Uchu. Jadilah mereka trio Sakadaek 😀.. eiitttt tapi belum Resmi ya pake nama sakadaek....
Trio Sakadaek (ki-ka : Om Aep,Om Uchu & Om Syam)

Beberapa bulan kemudian virus gowes mereka kembali memakan korban. Kali ini korbannya adalah Om Achuy Al mujahid alias Samsul Arifin. Pertama kali om Achuy gabung gowes bertepatan dengan acara Fun Bike ulang tahun Kecamatan Tigaraksa ke-70. Inipun jadi acara Perdana mereka ikut event Fun Bike seperti ini. (maklum newbie....)
Fun Bike HUT Kec. Tigaraksa ke-70
Setelah acara ini, semangat gowes mereka semakin meningkat. Meskipun ga rutin setiap minggu (bentrok dengan jadwal kerja & kuliah om Aep), tapi mereka sudah semakin sering gowes bareng. Kadang berempat, tapi lebih sering bertiga yaitu Om Aep, Syam & Achuy. Karena kebetulan rumah mereka berdekatan sedangkan Om Uchu agak Jauh yaitu di Balaraja.
Om Aep (depan), Om Achuy (tengah), Om Syam (belakang)
 

Setelah lama bertahan dengan formasi 4 sekawan, anggota kami pun bertambah 1 goweser lagi yaitu Om Samritra. Jadilah kami Boy Band Sakadaek. Hahahaha....
Cuma berempat, Om Uchu ga bisa gabung

Om Samritra (Kanan Belakang) yang badannya paling Macho 😀

Ketika sudah lengkap berlima inilah mulai dibentuk Gowes Sakadaek. Berawal dari ide om Syam yang tiba2 mengundang yang lain untuk Join ke grup BBM dengan nama "Gowes Sakadaek". Sejak saat itulah kami mulai memproklamirkan diri dengan nama Gowes Sakadaek.

Arti dan Makna "Sakadaek"

Secara etimologi, Sakadaek berasal dari Bahasa Sunda yang artinya "Semaunya atau Sesukanya". Terus apa makna Sakadaek ko bisa dipakai untuk Club kami...???
Setelah kami wawancara dengan Sang Proklamator (Jhaaaa udah kaya bikin negara aja ya....), Sakadaek diambil untuk jadi nama Club berdasarkan dengan karakter anggotanya (saat itu : Om Syam, Aep, Uchu, Achuy & Om Samritra) yang jadwal Gowesnya semaunya mereka aja. Filosofinya adalah gowes bebas sesukanya tanpa ada paksaan dan ikatan yang penting hepi... Selain itu, agar lebih mudah diingat dan unik. Atas dasar itulah kami menamakan Club Kami Gowes Sakadaek.

Beberapa bulan kemudian, anggota kami bertambah dengan bergabungnya om Indra dan om Andik. Aseeeeekkk..... tambah rame ni... Semangat gowes pun makin meningkat.
Yang Helmnya Kembar, Om Indra (Depan) & Andik (Belakang)
Para pecinta sepeda mulai menjamur di daerah kami. Hampir setiap minggu pagi banyak para goweser yang lalu lalang disepanjang jalan terutama yang menuju kawasan wisata seperti Keramat Solear dan Danau Biru. Dan waktu itu pula sering ada acara Fun Bike jadi semakin menarik minta masyarakat untuk bersepeda.

Dengan semakin maraknya para goweser, maka kamipun tak terlalu berat mencari rekan untuk gabung di club kami. Karena setelah om Indra & Andik, kemudian gabung lah Om Oki. Tapi sayang hanya beberapa bulan sampai diresmikannya GSC doi ga nongol2 lagi. Meskipun begitu om Oki tetap masuk catatan sejarah perjalanan GSC.
Om Oki (Paling Depan)
Pada Bulan September 2016, Kecamatan Cisoka mengadakan acara Fun Bike untuk memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke34. Kamipun ikut berpartisipasi untuk ikut acara tersebut. Disinilah kami bertemu dengan om Dede (Ketua kami sekarang). Kami ajak Doi untuk Gabung, karena kasihan dia ga punya temen gowes. hahahaha.... Piss Paketu....
Om Dede (kanan depan)
Setelah om Dede gabung, dia ajak teman2nya untuk ikutan join ke GSC yaitu Om Ifank, Om Aef, Om Klink, dan Om Azis. Menyusul kemudian Om Acenk dan  Om Eri yang join ke GSC.
Tak lama berselang ada Om Alit yang ikutan gabung.


Dengan semakin banyaknya anggota yang join, kamipun mulai berdiskusi lewat grup untuk meresmikan Gowes Sakadaek Club dengan membentuk stuktur organisasi, membuat seragam & logo Club serta membentuk ADRT seperti oragnisasi pada umumnya.

Sampai disini dulu ya gaeeeesssssss......

Nantikan cerita selanjutnya di Part.2


Happy Cycling

#JanganLupaBahagia

berikut foto2 kami semasa pra-GSC 😁

 








   



{ 8 komentar... read them below or Comment }

  1. Seruuu...foto2 mengingatkan momen seru2 an bareng..dah gk sabar nunggu part2 hehe...salam kompak GSC

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengingatkan masa masa ker ngora dulu ya a

      Hapus
    2. Siap om, Part.2 Cooming soon

      Hapus
  2. Mantap jiwa.... Jiwa mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa apaan ini..

      ini apaan ?

      Hapus
    2. Terima kasih Pak....
      #JanganLupaBahagia
      #Salam2Pedal

      Hapus
  3. Wowww amazing from the first GSC is always compact and will be for his compact.

    I am proud to be a part of GSC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks a lot, Mr. Ifank
      we miss u to "gowes" again with us

      Hapus

- Copyright © Gowes Sakadaek Club - Powered by GSC - Designed by Fs13 -